Bid TIK Polda Kepri – Personel Subbidtekinfo Bid TIK Polda Kepulauan Riau (Kepri) bergerak cepat menindaklanjuti laporan gangguan jaringan internet di ruang Bagrenprogar Rorena Polda Kepri. Gangguan tersebut dilaporkan menghambat kelancaran tugas sehari-hari.
“Internet saat ini dirasakan sangat penting dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari,” ujar salah seorang anggota Birorena Polda Kepri, Senin (10/3/2025).
Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid TIK) Polda Kepri, Kombes Pol. Yudhi Wiratama, SIK, menjelaskan bahwa penanganan masalah jaringan internet di lingkungan Polda Kepri merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bid TIK. Jika kendala tidak dapat diatasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT. Telkom selaku penyedia layanan internet.
“Jika terjadi permasalahan pada jaringan internet di lingkungan Polda Kepri maka yang pertama kali bertugas mengatasinya adalah personel Bid TIK Polda Kepri karena merupakan Tupoksi Bid TIK mengenai hal tersebut,” tegas Yudhi.
Menindak lanjuti gangguan jaringan internet di ruang Bagrenprogar Rorena Polda Kepri tersebut, Pengda TK I Igor dan Bripda Galatia Sijabat dari Subbidtekinfo Bid TIK Polda Kepri melakukan pengecekan dengan menggunakan kabel LAN dan sistem IP Gateway. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa jaringan internet tidak mengalami masalah, dengan kecepatan 48 Mbps dari batas normal 50 Mbps berdasarkan aplikasi Speedtest.
“Dari hasil pengecekan dapat disimpulkan bahwa tidak ada masalah pada jaringan internet dengan dibuktikan melalui aplikasi Speedtest yang menunjukkan bahwa kecepatannya internet pada modem tersebut sebesar 48 mbps dari batas bandwidth normal 50 Mbps,” jelas Igor.
Lebih lanjut Igor menjelaskan bahwa kendala sementara diduga berasal dari radio pada modem yang tidak lagi maksimal memancarkan sinyal Wi-Fi. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Telkom untuk penggantian modem.
“Analisa sementara kendala ada pada Radio pada modem yang tidak lagi maksimal memancarkan wifi dan saat ini anggota Bid TIK sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk melakukan penggantian modem internet tersebut. Dengan penggantian modem, diharapkan masalah gangguan WiFi di ruang Bagrenprogar Birorena Polda Kepri dapat segera teratasi dan aktivitas pekerjaan dapat kembali berjalan lancar. ,” jelasnya
Dengan langkah cepat dan koordinasi yang baik, diharapkan kendala jaringan internet di lingkungan Polda Kepri dapat segera teratasi, sehingga kelancaran pelaksanaan tugas dapat kembali optimal. ***TekInfoPoldaKepri***