Bid TIK Polda Kepri – Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kegiatan pendampingan teknis perbaikan jaringan milik PT TCON di lingkungan Server Command Center (CC) dan Bengkel Tekkom, Senin, 19 Mei 2025. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai, dipimpin oleh personel Bid TIK, Bripka Monako dan Bripda Sitepu.
Kegiatan ini dilakukan sebagai respons atas gangguan jaringan yang terjadi di dua titik vital infrastruktur komunikasi Polda Kepri. Berdasarkan hasil penelusuran lapangan, gangguan utama pada jaringan Command Center disebabkan oleh putusnya kabel serat optik (FO) yang menghubungkan sistem utama.
Tim teknisi dari PT TCON yang juga didampingi Bid TIK Polda Kepri langsung melakukan tindakan pemulihan. Proses pemulihan dilakukan dengan metode splicing yakni penyambungan ulang kabel FO menggunakan alat penyambung presisi tinggi guna mengembalikan integritas jaringan.
Sementara itu, di Bengkel Tekkom, gangguan jaringan disebabkan oleh pekerjaan perapian kabel oleh pihak Telkom yang berdampak pada pemutusan sementara kabel FO di area tersebut. Tim teknis PT TCON kemudian turun tangan menyambung kembali kabel yang terdampak. Hingga proses akhir, kedua jalur jaringan baik di Command Center maupun Bengkel Tekkom dinyatakan telah kembali normal dan berfungsi optimal.
Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kabid TIK) Polda Kepri, Kombes Pol Yudhi Wiratama, S.I.K, memberikan tanggapannya atas kegiatan tersebut. Ia menegaskan pentingnya kecepatan dan ketepatan respons teknis dalam menjamin stabilitas sistem komunikasi internal Polda Kepri, terutama pada titik-titik yang menjadi pusat kendali operasi kepolisian.
“Gangguan jaringan, sekecil apa pun, sangat memengaruhi efektivitas kerja kami, apalagi jika terjadi di pusat komando seperti Command Center. Oleh karena itu, kami dari Bid TIK Polda Kepri memastikan keterlibatan langsung dalam proses pemulihan untuk menjamin bahwa perbaikannya sesuai standar keamanan dan keandalan jaringan,” ujar Kombes Yudhi.
Ia juga menambahkan bahwa Bid TIK akan terus meningkatkan kapasitas personel dan menjalin koordinasi erat dengan mitra penyedia jaringan seperti PT TCON dan Telkom, guna meminimalkan resiko gangguan serupa di masa mendatang.
“Kami tidak hanya melakukan pengawasan, tetapi juga pendampingan teknis di lapangan. Personel kami harus memahami kondisi riil di titik gangguan dan bisa memberi penilaian cepat terhadap solusi teknis yang diambil,” jelasnya.
Kombes Yudhi menyebut kegiatan seperti ini juga menjadi bagian dari penguatan sistem komunikasi dalam mendukung tugas operasional melayani serta mengamankan kegiatan masyarakat di wilayah hukum Polda Kepri, termasuk operasi kepolisian yang membutuhkan kesiapan sistem informasi tanpa cela.
Gangguan ini menjadi momentum refleksi atas kebutuhan modernisasi dan peremajaan infrastruktur komunikasi di institusi kepolisian. Seiring peningkatan kompleksitas tantangan keamanan dan kebutuhan digitalisasi layanan kepolisian, Bid TIK Polda Kepri sedang menyiapkan peta jalan (roadmap) pembaruan sistem jaringan.
“Kami tidak hanya menyelesaikan masalah teknis secara reaktif. Ada arah jangka panjang untuk membangun sistem jaringan berbasis redundansi, sistem monitoring real-time, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia TIK internal,” tegas Kabid TIK Polda Kepri.
Dengan jaringan yang kembali stabil, kegiatan operasional Command Center dan Bengkel Tekkom pun dipastikan berjalan normal. Polda Kepri menegaskan komitmennya untuk terus menjaga mutu layanan digital dan komunikasi internal demi mendukung kelancaran tugas-tugas kepolisian yang berbasis teknologi. (TekInfoPoldaKepri)