Bid TIK Polda Kepri – Jakarta. Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif turut memeriahkan
pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN melalui penyelenggaraan ‘CElebrASEAN 2023’ yang
diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif .
Diselenggarakan di Skybridge ASEAN, Stasiun MRT ASEAN, pada
6-9 September 2023, CElebrASEAN Expo 2023 bertujuan untuk memperkuat dan
meramaikan KTT ke-43 ASEAN, dengan kegiatan yang relevan, konkret, dan turut
merangsang keterlibatan berbagai entitas, termasuk koperasi, usaha kecil dan
menengah (UKM), serta pelaku ekonomi kreatif baik dari Indonesia maupun wilayah
ASEAN lainnya.
Sebanyak 23 pelaku parekraf yang mengikuti ‘CElebrASEAN Expo
2023’ ini diantaranya Dapur Mama Eza Rendang; Ahza; Cabilong; Galleries Abata;
MAGYS & Ka Ha Su; de’Dessert (Dessert Ibukota); Safaa Craft; Qorychan
Handmade; Gandaria Batik Betawi; Ngramu Djamoe; Desa Wisata Keranggan; Desa
Saba Budaya; Perkampungan Budaya Setu Babakan; WONDERFUL INDONESIA CO-BRANDING;
Soloputri; Si Juki; Bella Bello; Pesona RekseASEAN.
Ada juga Tourism Malaysia; Singapore Tourism Board; Taman
Safari Indonesia; ASITA TRAVEL FAIR; dan Jakarta Experience Board.
Salah satu pelaku ekonomi kreatif dengan brand Ahza, Nirahma
Hamim, menyampaikan ia sangat antusias saat mendapatkan informasi untuk membuka
stand di event CElebrASEAN 2023.
“Kami senang sekali saat lolos kurasi. Dan langsung
mempersiapkan produk-produk yang akan dijual,” ucap Nirahma.
Ia menjual berbagai produk kerajinan tangan dengan motif
yang mengangkat budaya Betawi , seperti pouch bergambar ondel-ondel, tas
bergambar Monas, dan sebagainya.
Nirahma berharap melalui CElebrASEAN 2023, produknya bisa
dibeli dan disukai oleh para delegasi ASEAN yang hadir.
“Harapannya produknya bisa digunakan, dimanfaatkan, enggak
cuma dipajang saja, karena produk kami bisa dipakai di kantor, di mobil, ini
useful banget. Bisa untuk tempat tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, dan
apalagi ini menurut saya unik, karena ada ornamen ondel-ondelnya yang khas,
jadi memperkenalkan Jakarta dan budaya Betawi,” jelas Nirahma.
Sama dengan Nirahma, pelaku Parekraf lainnya dari brand MAGYS &
Ka Ha Su, Grace Yurianne, dengan produk unggulannya kopi, berharap semakin
banyak delegasi ASEAN yang bisa berkunjung ke event CElebrASEAN Expo 2023 ini.
Sebab, banyak produk ekonomi kreatif yang dapat dibeli di sini untuk dijadikan
buah tangan, termasuk produk kopi miliknya.
“Kami ingin kualitas kopi Indonesia bisa dikenal lagi oleh
masyarakat di negara-negara ASEAN. Dan produk kopi kami yang compact sekali
untuk dijadikan oleh-oleh ini bisa menarik perhatian mereka,” ungkap Grace.
Sementara itu, pelaku pariwisata dari Desa Wisata Keranggan,
Maulana, berterima kasih dengan adanya CElebrASEAN Expo 2023 ini, karena banyak
penumpang MRT yang menyampaikan ketertarikannya untuk berlibur ke Desa Wisata
Keranggan, desa wisata di tengah kota.
Ia berharap para delegasi KTT ke-43 ASEAN yang tidak
memiliki waktu banyak di Indonesia, bisa menyempatkan untuk berwisata di Desa
Wisata Keranggan di Tangerang Selatan, Banten.
“Harapan kami para delegasi bisa ke tempat kami, ke Desa
Wisata Keranggan, untuk menikmati atraksi-atraksi yang kita tawarkan, salah
satunya jungle track, dan susur sungai, dan kalau ingin wisata alam kita ada
camping ground, dan ini sangat dekat dari Jakarta,” jelas Maulana.