Kolaborasi Bid TIK Polda Kepri Bersama PT. TCon Atasi Permasalahan Jaringan Internet di Command Center Polda Kepri

WhatsApp Image 2025 04 10 at 10.53.55 302d53f8

Bid TIK Polda Kepri – Personel Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Kepri berkolaborasi dengan tim PT. TCon segera melakukan pengecekan terhadap jaringan internet di Command Center Polda Kepri karena mengalami masalah. Rabu (10/4/2025), mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai sebagai respons atas gangguan jaringan internet yang dialami.

Hasil pengecekan yang dilakukan oleh tim ditemukan bahwa permasalahan jaringan internet di tempat tersebut akibat modem mengalami kerusakan. Perbaikan dilakukan tim dengan mengganti modem server Command Center Polda Kepri.

“Kerusakan yang terjadi pada modem server Command Center Polda Kepri dikarenakan Overheating yaitu pengoperasian modem yang terus-menerus, terutama saat penggunaan intensif, menyebabkan modem menjadi terlalu panas sehingga mengalami kerusakan”, jelas Bripda Avandi dari Bid TIK Polda Kepri . 

Bripda Avandi terjun langsung bersama tim PT. TCon melakukan penggantian modem yang bermasalah. Tim dari PT. TCon, selaku vendor penyedia layanan, dipimpin langsung oleh PIC PT. TCon, Agus melakukan perbaikan dengan mengganti perangkat yang mengalami kerusakan.

WhatsApp Image 2025 04 10 at 10.17.38 133ecb21

Modem jaringan PT. TCon sebelumnya mengalami kerusakan, mengakibatkan terputusnya akses internet yang sangat vital bagi operasional Command Center Polda Kepri. Langkah cepat ini diambil untuk memulihkan kembali konektivitas sehingga aktifitas di Command Center Polda Kepri tidak terganggu.

Baca Juga : “Kolaborasi Personel Bid TIK Polda Kepri Bersama PT. Mosa Perbaiki CCTV Mako dan Obvit CC Polda Kepri”

Setelah proses penggantian modem selesai, tim gabungan melakukan serangkaian pengujian. Hasilnya menunjukkan bahwa jaringan kembali stabil dengan kecepatan mencapai 100 Mbps. Selain itu, dilakukan pula konfigurasi (setup) modem untuk memastikan perangkat berfungsi optimal.

Selanjutnya jaringan dicek melalui sistem monitoring Winbox Tekinfo Bid TIK Polda Kepri. Hasilnya, koneksi terpantau stabil dengan kecepatan mencapai 100 Mbps. Sistem jaringan internal kembali normal dan bisa dipantau secara real-time.

“Modem yang rusak langsung kami identifikasi dan ganti dengan perangkat baru Modem baru yang dipasang adalah tipe ZTE, yang kemudian langsung diatur ulang dan dikalibrasi oleh tim teknis,” jelas Agus, mewakili PT TCon.

WhatsApp Image 2025 04 10 at 10.17.38 baeeba73

Penggantian modem ini diharapkan dapat menjaga kelancaran operasional dan komunikasi di lingkungan Polda Kepri, khususnya dalam mendukung fungsi Command Center Polda Kepri sebagai pusat komando dan pengendalian.

“Dengan kondisi ini, sistem komunikasi dan pemantauan di Command Center Polda Kepri kembali berjalan optimal,” ujar Bripda Avandi.

Langkah cepat ini merupakan upaya Polda Kepri melalui Bidang TIK untuk menjaga keandalan infrastruktur teknologi informasi, terutama menjelang pelaksanaan agenda-agenda strategis yang memerlukan konektivitas tinggi. (TekInfoPoldaKepri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *