Menparekraf: “CElebrASEAN 2023” Jadi Ruang Promosi Produk Ekonomi Kreatif

menparekraf celebrasean 2023 jadi ruang promosi produk ekonomi kreatif 63322 1

Bid TIK Polda Kepri – Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin
Uno menyampaikan pekan ekonomi kreatif berbasis komunitas “CElebrASEAN
2023: ASEAN Creative Econo Week” yang berlangsung di kawasan Stasiun MRT
Jakarta turut semarakkan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Menparekraf Sandiaga saat membuka acara CElebrASEAN di
Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Kamis mengatakan CElebrASEAN hadir sebagai
ruang promosi produk ekonomi kreatif, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari
negara anggota ASEAN lainnya seperti Malaysia.

“Saya yakin ASEAN Matters ini adalah kesempatan kita
untuk tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang terlibat tapi UMKM kita,
kita tampilkan di CElebrASEAN. Kita harapkan ini juga menjadi selebrasi dari
ekonomi kreatif kita,” ucap
Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga juga mengucapkan terima kasih dan
apresiasinya kepada PT MRT atas inisiasinya yang berkolaborasi dengan Pemprov
DKI Jakarta, Tourism Malaysia, Tepanas, dan didukung oleh
Kemenparekraf/Baparekraf.

“Koridor ASEAN ini ada enam ribu (pengguna MRT) per
hari dan sekarang (secara keseluruhan) sudah kembali lagi ke angka sebelum
pandemi 100 ribu pengguna MRT per hari. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi
produk UMKM. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini bisa terus mendorong kemajuan
dari ekonomi kita,” ungkap
Menparekraf Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga menceritakan
dirinya terus mempromosikan pariwisata Indonesia dan mengajak kepala negara dan
para delegasi yang terlibat dalam KTT ke-43 ASEAN agar berwisata di Indonesia
saja.

“Dari Korea saya sampaikan bahwa di wilayah Jawa Barat
khususnya Lido sangat baik untuk lokasi syuting. Australia sudah menjajaki
untuk extend ke Malang agar bisa melihat KEK Singosari. Kemudian untuk Bali
semua delegasi ingin berangkat ke sana,” ujarnya.

“Tapi untuk Vietnam, Laos, Thailand saya ajak ke
Borobudur untuk ‘umrahnya’ mereka kan di sana, di Borobudur, jadi ini kami
ingin ajak supaya kunjungan mereka lebih lama, lebih berkualitas, dan lebih
bisa berdampak terhadap ekonomi lokal,” jelas Menparekraf Sandiaga.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT. MRT Jakarta Muhammad
Effendi mengungkapkan bahwa PT. MRT Jakarta tidak hanya menghadirkan layanan
transportasi yang aman dan nyaman. Tapi juga memberikan wadah bagi pengusaha
khususnya UMKM.

“Karena kami punya space, dan Kemenparekraf punya UMKM
jadi kita padukan, kita kerja sama di situ. Mudah-mudahan dengan CElebrASEAN
kita bisa memberdayakan UMKM,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan
PT. MRT Jakarta.

Bagi pengguna transportasi MRT serta masyarakat luas yang
ingin menjadi “Rojali” rombongan yang jadi beli, dapat mengunjungi
Stasiun MRT Bundaran HI dan Skybridge MRT ASEAN, karena CElebrASEAN berlangsung
hingga 9 September 2023.

Ada pula rangkaian agenda CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative
Econo Week yakni ASEAN Create! — 5P Youth Forum, yang berlangsung di
Ballroom Nine Thamrin, pada 7 September 2023.

ASEAN Create! — 5P Youth Forum digelar guna mempromosikan
tujuan pembangunan berkelanjutan PBB kepada masyarakat, khususnya generasi
muda. Dengan menggunakan lima pilar SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu
manusia, planet, kemakmuran, kemitraan, dan perdamaian (5P).

Menparekraf didampingi oleh Deputi Pemasaran
Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini; Direktur Pemasaran Pariwisata
Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Sindhutrisno; Direktur Pemasaran
Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Direktur
Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Erwita Dianti; dan Kepala
Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Hadir pula Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat; Direktur
Pengembangan Bisnis PT. MRT Jakarta, Farchad Mahfud; Direktur Tourism Malaysia,
Junus Sahid; dan Pendiri Ambassador & CEO Club, Grace Sabandar.