Marketing merupakan salah satu komponen penting dalam suatu perusahaan. Semua kegiatan dalam suatu perusahaan bergantung pada divisi marketing.
Simak penjelasan lengkap mengenai marketing pada artikel berikut!
Apa itu Marketing?
Marketing adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian segala aktivitas yang bertujuan untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan atau konsumen.
Tujuan utama dari kegiatan marketing adalah untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau jasa dengan cara yang efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta mencapai tujuan organisasi.
Para profesional yang bekerja di departemen marketing dan promotion berupaya menarik perhatian target potensial melalui strategi promosi. Promosi ditargetkan untuk kalangan tertentu dengan melibatkan endorsement dari selebriti, frasa atau slogan yang menarik, kemasan yang mudah diingat dan eksposur media secara keseluruhan.
Membangun jaringan dengan klien potensial atau klien lama juga merupakan bagian dari pekerjaan tim pemmasaran juga termasuk mengirim email ucapan terima kasih, membalas telepon dan email dengan cepat, dan bertemu dengan klien.
Pada dasarnya, marketing berusaha untuk menyesuaikan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Penyesuaian produk dengan pelanggan pada akhirnya akan menghasilkan profitabilitas.
Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian, Tugas, Skills, & Gaji
Tujuan Marketing
Agar mencapai tujuan bisnis yang dijalani, setiap perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang efektif. Berikut adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan mengimplementasikan pemasaran.
1. Meningkatkan Penjualan
Tujuan utaman dari pemasaran adalah meningkatkan penjualan produk atau jasa melalui strategi yang efektif. Dengan peninngkatan penjualan, perusahaan akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.
2. Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Melalui upaya pemasaran yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek mereka. Hal ini sangatlah penting untuk menciptakan top of mind awareness sehingga konsumen memilih produk atau jasa perusahaan saat mereka membutuhkannya.
3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen (Consumer Loyalty)
Pemasaran juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan menciptakan loyalitas jangka panjang. Dengan kegiatan pemasaran yang tepat, perusahaan dapat mempertahankan konsumen yang sudah ada dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang.
4. Memperluas Potensi Pasar
Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, pemasaran menjadi alat penting untuk menhadapi persaingan dengan perusahaan lain. Dengan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat membedakan dirinya dari pesaing dan menarik konsumen untuk memilih produk atau jasa mereka daripada yang lain.
Dengan memahani tujuan-tujuan pemasaran di atas, seseorang dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif, sehingga perusahaan dapat mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang dinamis dan kompetitif.
Manfaat Marketing
Selain membantu mencapai tujuan perusahaan, pemasaran juga memiliki manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan pelaku bisnis. Berikut adalah manfaat utama pemasaran.
1. Melakukan Penelitian Pasar
Saat melaksanakan strategi pemasaran, perusahaan akan memperoleh banyak data dari berbagai tipe konsumen produk atau jasa yang ditawarkan. Proses pemasaran juga merupakan proses penelitian pasar yang melibatkan kegiatan pengumpulan informasi secara komprehensif tentang pelanggan potensial, pesaing, dan kondisi pasar secara keseluruhan.
Melalui penelitian pasar yang cermat, perusahaan dapat mengidentifikasi dan memahami segmen pasar yang potensial, menentukan keunggulan kompetitif, dan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai.
2. Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Pemasaran bertujuan untuk mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen dengan memberikan produk atau jasa yang relevan dan berkualitas. Dengan memahami pasar dan konsumen dengan baik, perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat agar memberikan nilai tambah kepada konsumen.
Dengan melakukan kegiatan pemasaran yang tepat, perusahaan dapat menjangkau terget pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, membantu perusahaan dalam mencapai konsumen yang tepat dan meningkatkan peluang penjualan.
3. Membangun Jaringan Bisnis
Pemasaran juga melibatkan pembangunan hubungan bisnis dengan mitra, distributor, atau rekan lainnya. Malalui kegiatan pemasaran yang efektif, perusahaan dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dan memperluas jaringan bisnis.
Dengan semikian, pemasaran tidak hanya mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya, tetapi juga memberikan berbagai keuntungan dalam memahami pasar, memenuhi kebutuan konsumen, dan memperluas jaringan bisnis.
Fungsi Marketing
Penting hukumnya untuk mengetahui fungsi daripada marketing sebelum terjun dalam bidang tersebut. Berikut kami uraikan beberapa fungsi dari tim pemasaran:
1. Promosi
Saat orang memetakan tujuan pemasaran mereka, promosi biasanya menempati urutan teratas. Tim pemasaran bertugas memperkenalkan profil perusahaan kepada calon pelanggan dan membangun brand awareness, adalah prioritas utama bagi setiap departemen pemasaran.
Promosi dapat mencakup segala hal mulai dari layanan pemasaran digital, seperti pembuatan konten, iklan melalui email, media sosial, iklan melalui influencer, dan juga taktik pemasaran tradisional yang mencakup words of mouth.
2. Penjualan
Pada dasarnya, bagian dari tugas setiap marketer adalah menjual produk perusahaan kepada pelanggan. Setiap keputusan pemasaran, mulai dari pesan merek hingga tema kampanye, harus menunjang penjualan hingga meningkat.
Setelah berhasil menarik perhatian calon pelanggan, tim pemasaran harus bekerja untuk menjaga prospek tersebut dan mengarahkan calon potensail melalui saluran pemasaran agar mereka siap untuk melakukan pembelian saat akhirnya melakukan kontak dengan tim penjualan.
3. Manajemen Produk/Layanan
Tim pemasaran berperan dalam merancang produk baru dengan mencari celah mengenai produk/layanan yang sedang trend di pasaran. Dibutuhkan banyak riset pasar yang menyeluruh untuk mengetahui kecocokan produk dengan pasar atau apa yang diinginkan orang dan bagaimana menyajikan produk yang terbaik tersebut kepada target.
4. Manajemen Informasi Pemasaran
Pemasaran strategis didorong oleh data. Setiap marketer yang baik tahu bahwa semakin banyak informasi yang dapat dikumpulkan tentang target pelanggan, pesaing industri, dan tren pasar, maka semakin sukses pula upaya pemasaran yang dilakukan.
Salah satu fungsi inti dari pemasaran adalah mengumpulkan data mengenai informasi-informasi penting tersebut, menyaringnya menjadi item tindakan dan